Pages

Stop Exploitasi Hutan Indonesia!

Kamis, 11 April 2013

Tugas SIMB Bab 4 IT/IS Strategic Analysis Assessing and Understanding Current Situation


Bab 4
IT/IS Strategic Analysis
Assessing and Understanding Current Situation



Tri Wijayanto (115410126) 
Kelas TI3

Pembenahan Bisnis dan Strategi IS
(BP/ Bisnis Proses): Cara-cara yang unik di mana organisasi mengkoordinasikan dan mengatur kegiatan kerja, informasi, dan pengetahuan untuk menghasilkan suatu produk atau jasa yang berharga (Laudon & Laudon, 1998).

Rekayasa ulang proses bisnis (BPR) (Lanjutan..)
Kemampuan IS / IT
BAGAIMANA IS/ IT Meningkatkan Proses Bisnis?
transaksional
Mengubah proses terstruktur menjadi transaksi yang rutin
geografis
Mengubah informasi dengan cepat dan mudah melintasi jarak yang luas, sehingga membuat proses terlepas dari kondisi geografis
otomatisasi
Mengurangi atau mengganti tenaga manusia dalam suatu proses
analisis
Membawa metode analisis yang kompleks untuk menanggung proses
informasi
Membawa banyak informasi yang rinci ke dalam proses
berurutan
Aktifkan perubahan pada urutan tugas, yang memungkinkan beberapa tugas untuk dikerjakan secara bersamaan
pengetahuan
Mengizinkan pengambilan dan penyebaran pengetahuan dan keahlian untuk meningkatkan proses
pelacakan
Mengizinkan pelacakan yang rinci terhadap status, input, dan output dari  suatu proses
disintermediasi
Menghubungkan dua pihak dalam suatu proses yang akan berkomunikasi melalui perantara


Rekayasa ulang bisnis dan Strategi IS (Lanjutan..)
Pergerakan manajemen kontemporer fokus pada BP (proses bisnis):
   TQM ( Total Quality Management ) à perbaikan yang dilakukan secara terus menerus, yang melibatkan semua karyawan di setiap level organisasi, untuk mencapai kualitas yang ‘exellent’ dalam semua aspek organisasi melalui proses manajemen.
   Business reengineering  ( Rekayasa Ulang Bisnis )
   Team-based competition (Kompetisi berdasarkan tim )
   Team-based organization (Kompetisi berdasarkan Organisasi)
   Networked organization (Jaringan Organisasi)
   Learning organization (Pembelajaran Organisasi)

Rekayasa ulang proses bisnis (BPR) (Lanjutan..)
Process Reengineering (BPR) atau Reengineering: desain pemikiran ulang fundamental dan radikal proses bisnis untuk mencapai perbaikan dramatis pada biaya, kualitas, kecepatan, dan layanan (James A. O'Brien, 2001)

BPR   → meningkatkan kinerja organisasi dengan cara yang radikal

Bagaimana BPR berbeda dari Perbaikan Bisnis (James A. O'Brien, 2001)
Business
Improvement ( Perbaikan Bisnis )
Business
Reengineering ( Rekayasa Ulang Bisnis)

Definisi
Secara bertahap memperbaiki proses yang ada
Desain ulang radikal proses bisnis

Target
setiap proses
Strategi proses bisnis

Primary Enablers
IT dan penyederhanaan kerja
IT dan desain ulang organisasi

Potensi Payback
Perbaikan 10% -50%
10-kali lipat perbaikan

Perubahan apa?
Pekerjaan yang sama, hanya lebih efisien
PHK besar, pekerjaan baru, desain ulang pekerjaan utama

Risiko Kegagalan
dan Tingkat Gangguan
Rendah
Tinggi
Merekonsiliasi IS/IT dan BPR
Pertanyaan
BPR
IS/IT strategy 
formulation and planning
Formulasi
1.      Bagaimana bisa kita re-rekayasa bisnis anda untuk memberikan keuntungan?
2.      Bagaimana bisa dimanfaatkan
  IS/TIuntuk memberikan keuntungan bisnis?

Implementasi /
penerapan
2.      Bagaimana kita dapat meningkatkan proses kita untuk menjamin keberhasilan strategi?
3.      Bagaimana SI / TI menjamin keberhasilan strategi bisnis?


Memahami Situasi Saat Ini
Situasi saat ini dapat menjadi titik awal untuk program perubahan
Memahami situasi saat ini meliputi pemahaman tentang :
v  Strategi Bisnis
v  Lingkungan bisnis dan teknologi
v  Status terkini dari SI / TI dalam bisnis

Menentukan Permintaan IS
Penentuan permintaan SI dapat dilakukan dengan :
v  Meminta ketentuan dari semua bidang fungsional
v  Membuat sebuah kelompok untuk mendefinisikan 
atau memperbarui strategi SI / TI, untuk menyerap strategi 
tertulis dan menafsirkan menjadi prinsip yang relevan bagi  SI / TI , CSF, dan kebutuhan aplikasi


Fakta Temuan dan Analisa Tugas
Tugas
Tujuan atau Penyampaian

Analisa dari strategi bisnis
Mengidentifikasi komponen dan kebutuhan informasi terkait yang diperoleh

Analisis lingkungan bisnis eksternal saat ini diharapkan sebagai penyaluran bisnis dan strategi yang kompetitif
Tentukan bagaimana IS / IT dapat berkontribusi pada 
penguatan posisi kompetitif untuk bisnis

Analisis lingkungan bisnis internal
Memahami karakteristik yang relevan 
dari organisasi, SWOT, dan faktor lainnya

Iidentifikasi faktor penentu dari keberhasilan bisnis
Mengkristal / menandai karakteristik penting 
dari keberhasilan dalam memenuhi tujuan yang ditetapkan dalam strategi

Evaluasi efektivitas dari proses saat ini
Mengidentifikasi di mana perubahan harus
 terjadi dan bagaimana IS / IT dapat meningkatkan kinerja

Analisa yang lebih dari nilai
Fokus  pada peluang potensial untuk 
meningkatkan nilai disampaikan oleh informasi atau 
mengidentifikasi potensi bahaya, di mana keberhasilan
 dapat terancam oleh interface yang buruk


Menafsirkan Strategi Bisnis
g

Kunci Elemen Lingkungan Bisnis Internal
Elemen harus diidentifikasi dan dianalisa:
v  Strategi bisnis (baik tujuan dan cara mencapainya)
v  Proses bisnis saat ini, kegiatan, dan entitas informasi utama (misalnya pelanggan, item stok, akun) dan bagaimana mereka berhubungan dengan entitas lainnya
v  Lingkungan organisasi (struktur, aset, keterampilan, budaya, dll)

Berdasarkan unsur-unsur, informasi, sistem dan teknologi dapat dinilai dan diprioritaskan

Strategi Bisnis
Strategi bisnis kemungkinan ada di:
v  Dokumen resmi maupun dokumen tertulis
v  Dalam setiap individu
Dalam kasus strategi bisnis tidak didokumentasikan dengan baik, maka harus diidentifikasi melalui:
v  Menanyai individu-individu yang terlibat dalam prose bisnis
v  Dorongan dari analisa dan kreatif

Memeriksa lingkungan IS/IT saat ini
v Tujuannya adalah menetapkan perbedaan antara implementasi yang ditargetkan saat ini     dan masa depan
v target portofolio
v Efek organisasi, kompetensi, infrastruktur teknis, dan mitra lainnya

Pemeriksaan Lingkungan Eksternal IT
v  Untuk mempertimbangkan tren dan peluang dengan teknologi baru
v  Untuk menyelidiki bagaimana kompetitif organisasi dalam menerapkan IT

Evaluasi Lingkungan Internal TI
v  Untuk mengevaluasi portofolio (bagian dari investasi dan strategi manajemen risiko) aplikasi
v  Untuk mengevaluasi sumber daya informasi terkini
v  Untuk mengevaluasi infrastruktur dan layanan TI saat ini.

Teknik untuk interpretasi dan strategi bisnis dan analisis situasi saat ini
Teknik
Penyerahan
Analisis strategi bisnis
Misi-Strategi bisnisi, tujuan, dll
Inisiatif bisnis global
Inisiatif daerah bisnis
Prioritas bisnis
Persyaratan memimpin tuntutan IS
Analisis
Faktor Kritis Sukses
Aktivitas bisnis ‘dimana hal-hal yang harus benar'
Menolak Potensi IS/IT
Ukuran kinerja
Analisis SWOT
SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and threats) 
Analisis Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan ancaman bisnis 
dan lingkunganIS / IT
Analisis Balanced Scorecard
Tujuan bisnis dan persyaratan informasi penting ukuran kinerja
Bisnis portofolio dan analisis strategi bersaing
Pilihan untuk jangka panjang investasi IS untuk memperkuat 
posisi kompetitif

Balanced Scorecard
   Suatu alat akuntansi manajemen yang terdiri dari serangkaian pengukuran kinerja yang komprehensif, baik dari aspek keuangan maupun aspek non-keuangan
   Dikembangkan oleh Kaplan dan Norton (Harvard Business Scholl)
   Memeriksa kinerja organisasi dari empat sudut pandang :
v  Keuangan
v  Sudut pandang bisnis internal
v  Perspektif pelanggan
v  Inovasi dan perspektif pembelajaran
   Dalam perspektif masing-masing, ada tujuan dan bagaimana mengukurnya

Analisis Critical Success Factor (CSF)
Dapat digunakan untuk mengembangkan strategi bisnis dan strategi IS / IT
CSFs adalah:
v  Bidang utama di mana "hal-hal yang harus benar" untuk bisnis yang berkembang
v  Jumlah wilayah yang terbatas di mana jika hasil tidak memuaskan, maka akan menjamin kinerja kompetitif sukses bagi organisasi


Kombinasi dari CSF dan Balanced Scorecard (lanjutan..)
v  Analisi Proses Bisnis
v  Sebuah teknik untuk menilai efektivitas proses bisnis inti dalam mendukung tujuan bisnis dan driver untuk membentuk satu atau sejumlah SBU, atau dari area bisnis tertentu dalam SBU
v  Hasilnya adalah keputusan untuk mendesain ulang satu atau beberapa proses bisnis

Pendekatan untuk Mendesain ulang Proses
v  Pendekatan sistemik (perbaikan proses yang ada)
v  Pendekatan lembaran bersih (proses desain dari awal)

0 komentar:

Posting Komentar