Pages

Stop Exploitasi Hutan Indonesia!

Senin, 08 April 2013

Laporan Praktikum ADOO Modul 1

LAPORAN PRAKTIKUM
ADOO
MODUL 1
 

Oleh :

TRI WIJAYANTO
115410126 / TI

LABORATORIUM TERPADU
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AKAKOM YOGYAKARATA
2013



PEMBAHASAN PRAKTIKUM 1

SIRS  RS  di kota ANTABRANTA
Class
Class adalah tempat untuk membuat obyek, dimana obyek tersebut memiliki kesamaan perilaku dan keadaan.

Atribut
Atribut adalah merupakan nilai data yang terdapat pada suatu obyek di dalam kelas.

Obyek
Obyek adalah instansiasi atau representasi nyata dari sebuah kelas.

Dari data di  SIRS  RS  di kota ANTABRANTA dapat di ketahui terdapat 8 kelas yaitu
1.      Class Periksa
2.      Class Bayar
3.      Class Pasien
4.      Class Poliklinik
5.      Class Pegawai
6.      Class Dokter
7.      Class Daftar
8.      Class Obat

1. Class beserta atribut dan method
Class Perikasa
Atribut à ( kd_periksa: string, tgl_periksa: date, nama_pasien:char, jadwal_periksa: char, biaya_periksa:int)
Method à ( tambah, simpan, edit, hapus, hitung_biaya_periksa)
Pembahasan : Pada kelas Periksa di atas, atribut kd_periksa dibutuhkan untuk mengidentifikasi nama_pasien lalu tgl_periksa sebagai bukti,sedangkan jadwal_periksa merupakan jadwal periksa yang dilakukan oleh pasien tersebut  dan atribut biaya _periksa berfungsi untuk mengtahui biaya yang dibebankan kepada pasien saat melakukan pengobatan di rumah sakit tersebut. Tipe data int digunakan hanya untuk data yang bersifat angka bilangan, sedangkan char digunkan untuk data yang bersifat huruf dan string digunakan untuk gabungn angka dan huruf, selain itu ada tipe data date yang digunakan untuk data yang berupa waktu. Kelas Periksa tersebut memiliki method atau operasi tambah, simpan, edit, hapus data dan sekaligus untuk menghitung biaya periksa oleh pasien.

Class Bayar
Atribut à ( kd_bayar:string, tgl_byr: date, jumlah_byr:int)
Method à ( tambah, simpan, edit, hapus, hitung_jumlah_byr, hitung_jumlah_kembali)
Pembahasan : Seperti kelas yang sebelumnya pada kelas Bayar ini juga memiliki atribut yaitu kd_bayar dibutuhkan untuk mengidentifikasi tgl_bayar lalu mengitung jumlah_byr yang harus dibayar oleh pasien saat berobat. Tipe data int digunakan hanya untuk data yang bersifat angka bilangan, sedangkan string digunakan untuk gabungn angka dan huruf, selain itu juga tipe data date yang digunakan untuk data yang berupa waktu. Kelas Bayar tersebut memiliki method atau operasi tambah, simpan, edit, hapus data dan sekaligus untuk menghitung jumlah yang harus dibayarkan dan menghitung jumlah kembali untuk pasien.


Class Pasien
Atribut à (kd_pasien:string, nama_pasien:char, umur:string, alamat:char, agama:char, status: char)
Method à  ( simpan, tambah, edit, hapus)
Pembahasan : Kelas Pasien ini memiliki atribut yaitu kd_pasien yang dibutuhkan untuk mengidentifikasi nama_pasien , umur, dan alamat.  Serta alamat dan status dari pasien . Dari atribut tersebut memili ki tipe data yang berbeda-beda yaitu tipe data string digunakan untuk data berupa gabungan angka dan huruf, selain itu juga tipe data char digunkan untuk data yang bersifat huruf. Kelas Pasien tersebut memiliki method atau operasi tambah, simpan, edit, hapus data dari pasien.


Class Poliklinik
Atribut à ( kd_poli: string, nama_poli: string, jumlah_poli:int )
Method à ( simpan, tambah, edit, hapus)
Pembahasan : Kelas Poliklinik di atas memiliki atribut yaitu kd_poli yang dibutuhkan untuk mengidentifikasi nama_poli dan jumlah_poli. Dari atribut tersebut memili ki tipe data yang berbeda-beda yaitu tipe data string digunakan untuk data berupa gabungan angka dan huruf, selain itu juga tipe data int digunkan untuk data yang berupa angka. Kelas Poliklinik tersebut memiliki method atau operasi tambah, simpan, edit, hapus data dari poliklinik.

Class Pegawai
Atribut à ( kd_pegawai: string, nama_pegawai: char, alamat:char, bagian: char)
Method à ( simpan, tambah, edit, hapus )
Pembahasan : Kelas Pegawai di atas memiliki atribut yaitu kd_pegawai yang dibutuhkan untuk mengidentifikasi nama_pegawai, alamat dan bagian. Dari atribut tersebut memili ki tipe data yang berbeda-beda yaitu tipe data string digunakan untuk data berupa gabungan angka dan huruf, selain itu juga tipe data char digunkan untuk data yang berupa huruf. Kelas Pegawai tersebut memiliki method atau operasi tambah, simpan, edit, hapus data dari pegawai.


Class Dokter
Atribut à ( kd_dokter:string, nama_dokter:char, alamat: char , spesialisasi: char, jadwal: char )
Method à ( simpan, tambah, edit, hapus )
Pembahasan : Kelas Dokter di atas memiliki atribut yaitu kd_dokter yang dibutuhkan untuk mengidentifikasi nama_dokter, alamat , spesialisasi dan jadwal prakteknya. Dari atribut tersebut memili ki tipe data yang berbeda-beda yaitu tipe data string digunakan untuk data berupa gabungan angka dan huruf, selain itu juga tipe data char digunkan untuk data yang berupa huruf. Dari kelas Dokter tersebut memiliki method atau operasi tambah, simpan, edit, hapus data dari dokter.


Class Daftar
Atribut à ( kd_daftar: string, no_pendaftaran: string, tgl_daftar: date, keterangan: char )
Method à ( tambah, simpan, edit, hapus )
Pembahasan : Dari kelas Daftar di atas memiliki atribut yaitu kd_daftar yang dibutuhkan untuk mengidentifikasi no_pendaftaran, tgl_daftar, dan keterangan. Atribut tersebut memili ki tipe data yang berbeda-beda yaitu tipe data string digunakan untuk data berupa gabungan angka dan huruf, selain itu juga tipe data char digunkan untuk data yang berupa huruf, serta tipe data date untuk data berupa waktu Dari kelas Daftar tersebut memiliki method atau operasi tambah, simpan, edit, hapus data dari daftar.


Class Obat
Atribut à ( kd_obat: string,nama: string, harga: string, tgl_kadaluarsa: date, keterangan: char )
Method à ( tambah, simpan, edit, hapus )
Pembahasan : Kelas Obat  memiliki atribut yaitu kd_obat yang dibutuhkan untuk mengidentifikasi no_pendaftaran, tgl_daftar, dan keterangan. Atribut tersebut memili ki tipe data yang berbeda-beda yaitu tipe data string digunakan untuk data berupa gabungan angka dan huruf, selain itu juga tipe data char digunkan untuk data yang berupa huruf, serta tipe data date untuk data berupa waktu Dari kelas Obat tersebut memiliki method atau operasi tambah, simpan, edit, hapus data dari obat.


2. Obyek  pada Class
Obyek Class Perikasa
Atribut à ( kd_periksa: P001, tgl_periksa: 12 Jan 2010, nama_pasien: Arif, jadwal_periksa: senin, 10.00 wib, biaya_periksa: Rp. 10.000)
Method à ( tambah(), simpan(), edit()_, hapus(), hitung_biaya_periksa() )
Pembahasan : ObyekClass Periksa  memiliki atribut  kd_periksa P001, tgl_periksa dengan format yaitu 12 Jan 2010, nama_pasien yaitu Arif, jadwal_periksa yaitu senin, 10.00 wib dan biaya_periksa yaitu dengan format Rp. 10.000.  Dari ObyekClass Periksa  tersebut memiliki method atau operasi untuk tambah, simpan, edit, hapus data dari ObyekClass Periksa.  

Obyek Class Bayar
Atribut à ( kd_bayar: B001, tgl_byr:  12 Jan 2010, jumlah_byr: Rp. 10.000)
Method à ( tambah(), simpan(), edit(), hapus(), hitung_jumlah_byr(), hitung_jumlah_kembali())
Pembahasan : ObyekClass Bayar  memiliki atribut  kd_periksa yaitu  B001, tgl_byr dengan format yaitu 12 Jan 2010, dan jumlah_bayar  yaitu dengan format Rp. 10.000.  Dari ObyekClass Bayar  tersebut memiliki method atau operasi untuk tambah, simpan, edit, hapus data dari ObyekClass Bayar.  

Obyek Class Pasien
Atribut à (kd_pasien: S001, nama_pasien: Rian, umur: 20 tahun, alamat: jl.solo, agama: islam, status: pasien lama )
Method à  ( simpan(), tambah(), edit(), hapus() )
Pembahasan : ObyekClass Pasien  memiliki atribut  kd_periksa yaitu dengan kode S001, nama_pasien yaitu Rian, dengan umur 20 tahun, alamat yaitu jl,solo, agama islam, dan dengan status yaitu pasien lama. Dari ObyekClass Pasien  tersebut memiliki method atau operasi untuk tambah, simpan, edit, hapus data dari ObyekClass Pasien.  

Obyek Class Poliklinik
Atribut à ( kd_poli: L001, nama_poli: umum, jumlah_poli: 10 )
Method à ( simpan(), tambah(), edit(), hapus() )
Pembahasan : ObyekClass Poliklinik  di atas memiliki atribut  kd_poli yaitu dengan kode  L001, memiliki nama yaitu poli umum dan dengan jumlah 10. Dari ObyekClass Poliklinik  tersebut memiliki method atau operasi untuk tambah, simpan, edit, hapus data dari ObyekClass Poliklinik.  

Obyek Class Pegawai
Atribut à ( kd_pegawai: G001, nama_pegawai: Joni, alamat: jl.wates, bagian: Admin)
Method à ( simpan(), tambah(), edit(), hapus()  )
Pembahasan : ObyekClass Pegawai  memiliki atribut  kd_pegawai yaitu G001, nama_pegawai yaitu Joni, alamat jl.wates dan bagian yaitu Admin.  Dari ObyekClass Pegawai  tersebut memiliki method atau operasi untuk tambah, simpan, edit, hapus data dari ObyekClass Pegawai.  

Obyek Class Dokter
Atribut à ( kd_dokter:D001, nama_dokter:Dion, alamat: jl.jakal km 10 , spesialisasi: gigi, jadwal: kamis, 10.00 wib )
Method à ( simpan(), tambah(), edit(), hapus()  )
Pembahasan : ObyekClass Dokter  memiliki atribut  kd_dokter D001, nama_dokter yaitu Dion, alamat yaitu jl.jakal km 10 dengan spesialisasi sebagai dokter gigi dan  jadwal prakteknya yaitu kamis, 10.00 wib. Dari ObyekClass Dokter  tersebut memiliki method atau operasi untuk tambah, simpan, edit, hapus data dari ObyekClass Dokter.  

Obyek Class Daftar
Atribut à ( kd_daftar: F001, no_pendaftaran: 10, tgl_daftar: date: 10 Jan 2010, keterangan: Miskin )
Method à ( tambah(), simpan(), edit(), hapus()  )
Pembahasan : ObyekClass Daftar  memiliki atribut  kd_periksa dengan kode F001, no_pendaftaran 10,  tgl_daftar dengan format yaitu 10 Jan 2010, dan dengan keterangan miskin.  Dari ObyekClass Daftar  tersebut memiliki method atau operasi untuk tambah, simpan, edit, hapus data dari ObyekClass Daftar.  

Obyek Class Obat
Atribut à ( kd_obat: O001, nama: parasetamol, harga: Rp 2000, tgl_kadaluarsa: 20 Jan 2010, keterangan:Generik )
Method à ( tambah(), simpan(), edit(), hapus() )
Pembahasan : ObyekClass Obat  memiliki atribut  kd_periksa yaitu dengan kode O001, nama obat yaitu parasetamol, dengan harga Rp 2000, tgl_kadaluarsa dengan format yaitu 20 Jan 2010, serta memiliki keterangan yaitu obat generik.  Dari ObyekClass Obat  tersebut memiliki method atau operasi untuk tambah, simpan, edit, hapus data dari ObyekClass Obat.  

KESIMPULAN
Dari keterangan di atas maka dapat disimpulkan bahwa konsep berorientasi objek merupakan suatu sistem yang berfokus pada objek dan merupakan dari suatu yang berbeda pada domain problem atau masalah tersebut dan juga merupakan suatu abstraksi yang berisi sejumlah diagram dan juga mengambarkan arsitektur dari perangkat keras dan perangkat lunak dari suatu sistem.

TUGAS

KRS Online adalah salah satu system informasi yang akan dibangun oleh sebuah instansi Perguruan Tinggi “X”. Tentukanlah :
1.      Class-class yang ada beserta atribut dan methodnya.
2.      Obyek-obyek dari class tersebut.

JAWAB :

1      Class beserta atribut dan methodnya.

a.      Class Dosen
Atributnya             : (kd_dosen:string, nama:char, alamat:char)
Method                  : (simpan, tambah, edit, hapus)
b.      Class Petugas
Atributnya             : (kd_petugas:string, nama:char, bagian:char)
Method                  : (simpan, tambah, edit, hapus)
c.       Class Matakuliah
Atributnya             : (kd_matakuliah:string, nama:char, semester:string)
Method                  : (simpan, tambah, edit, hapus)
d.      Class Mahasiswa
Atributnya             : (nim:string, nama:char, alamat:char,)
Method                  : (simpan, tambah, edit, hapus)


2     Obyek pada class
a.      Class Mahasiswa
Atribut                   : (nim : 105410001, nama : Kadek, alamat : Jl. Janti)
Atribut                   : (nim : 105410003, nama : Inke, alamat : Jl. Kanoman)
Atribut                   : (nim : 105410005, nama : Vincent, alamat : Jl. Kaliurang)
Atribut                   : (nim : 105410006, nama : Agung, alamat : Jl. Condong Catur)
Atribut                   : (nim : 105410008, nama : Wahyu, alamat : Jl. Monjali)
b.      Class Dosen
Atribut                   : (kd_dosen : D001, nama : Wiwiek, alamat : Jl. Janti)
Atribut                   : (kd_dosen : D002, nama : Femi, alamat : Jl. Kaliurang)
Atribut                   : (kd_dosen : D003, nama : Syamsu, alamat : Jl. Godean )
Atribut                   : (kd_dosen : D004, nama : Indra, alamat : Jl. Kaliuran km 10)
Atribut                   : (kd_dosen : D005, nama : Tri, alamat : Perum Gumuk Indah)
c.       Class Matakuliah
Atribut                   : (kd_matakuliah:TI1004T, nama:Matematika, semester:2)
Atribut                   : (kd_matakuliah:TI1003P, nama:Basis Data, semester:2)
Atribut                   : (kd_matakuliah:AK2102T, nama:Statistik , semester:2)
Atribut                   : (kd_matakuliah:AK3002T, nama:Sistem Operasi, semester:2)
Atribut                   : (kd_matakuliah:TI2011P, nama:Analisis Desain, semester:2)
d.      Class Petugas
Atribut                   : (kd_petugas : P001, nama : Budi, bagian : admin)
Atribut                   : (kd_petugas : P002, nama : Ana, bagian : pengajaran)
Atribut                   : (kd_petugas : P003, nama : Ani, bagian : admin)
Atribut                   : (kd_petugas : P004, nama : Indah, bagian : pengajaran)
Atribut                   : (kd_petugas : P005, nama : Adi, bagian : pengajaran)

LISTING TERLAMPIR



















0 komentar:

Posting Komentar