Pages

Stop Exploitasi Hutan Indonesia!

Rabu, 16 Januari 2013

Kapal Cepat Rudal (KCR) 40 TNI AL



TNI AL kembali mendapatkan tambahan alusista dengan diserahkannya Kapal Cepat Rudal (KCR) 40 KRI Kujang oleh Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro kepada Panglima TNI Agus Suhartono di Batam. Kapal Cepat Rudal 40 adalah kapal cepat kedua yang dibuat oleh putra-putri Indonenesia, dengan biaya Rp 75 miliar per unit. Tahun 2014 ditargetkan TNI AL akan menerima 14 unit kapal serupa.

KCR ini memiliki spesifikasi panjang 40 meter, lebar 8 meter, tinggi 3,4 meter dan sistem propulasi fixed propeller 5 daun. KCR 40 mampu berlayar dengan kecepatan 30 knots, serta dilengkapi dengan meriam caliber 30 mm, dilengkapi enam laras sebagai close in Weapon System (CWS), atau system pertempuran jarak dekat dan rudal anti kapal buatan Cina C-705. rudal untuk sasaran permukaan C 705 akan diproduksi bersama Indonesia dan China.

C-705 mempunyai jangkauan tembak antara 75-80 Km tanpa roket booster, sedangkan bila ditambahkan roket booster jangkauan bisa terdongkrak hingga 170 Km. Dilihat dari jangkauannya, C-705 bisa disebut pula sebagai rudal lintas cakrawala (over the horizon). Untuk urusan kecepatan, meski tak diketahui persis informasi kecepatan luncurnya, banyak disebutkan C-705 masuk dalam kategori rudal high sub sonic.

Dengan bobot hulu ledak 110 Kg, C-705 dipersiapkan mengkandaskan kapal perang lawan yang berbobot hingga 1.500 ton. Daya hancur yang dihasilkannya mencapai 95,7%, ideal untuk menenggelamkan kapal. Konfigurasi rudal dipasangkan pada platform kapal patroli dengan bobot antara 50 – 500 ton. KRI Clurit memiliki bobot 250 ton.
KCR-40 terbuat dari baja khusus bernama high tensile steel pada bagian lambung, yang diproduksi oleh PT Krakatau Steel. Bagian atas menggunakan aluminium alloy untuk menjaga stabilitas dan kecepatan ketika berlayar.

“Kapal ini digunakan untuk menjaga perairan Indonesia, khususnya di wilayah perbatasan,” kata Panglima TNI Agus Suhartono di Pelabuhan Batu Ampar, Batam, usai acara serah terima KCR 40.





thx
http://jakartagreater.com