Rainbow Warrior kapal pertama yang dirancang dan
dibangun khusus untuk Greenpeace. Rainbow Warrior tidak hanya salah satu kapal
yang paling ramah lingkungan yang pernah dibuat, Tetapi juga mimpi dari sebuah
kampanye.
Setelah 22 tahun tak kenal lelah
berada di garis depan kampanye, Rainbow kedua memasuki waktu pensiun dari
tugasnya di Greenpeace pada tanggal 16 Agustus 2011.
Kapal Ranbow Warrior kedua - yang menggantikan Rainbow Warrior
pertama yang dibom pada tahun 1985 – saat berkampanye menghentikan uji coba
nuklir di Pasifik, memblokir pelabuhan batubara dan menghentikan operasi
penangkapan ikan yang merusak.
Ini adalah sebuah warisan yang sangat membanggakan - dan Rainbow
Warrior ke tiga, yang mulai operasi pada
14 Oktober 2011 ,
sangat siap untuk mengawal kampanye Greenpeace lebih dari kapal greenpeace
sebelumnya.
Tujuan membuat sebuah kapal untuk
kampanye
Sejak ekspedisi pertama Greenpeace bergerak dengan sebuah kapal
nelayan yang tua dan bobrok, Mengandalkan kapal yang ada dengan memfungsikan
dan memenuhi kebutuhan kita. Dengan sebuah kapal Rainbow Warior yang baru, Kami
memiliki kesempatan untuk memulai dengan sebuah kanvas kosong untuk pertama
kalinya.
Sebuah kapal cepat dan dapat di handalkan
Rainbow Warrior yang baru sangat cepat sama seperti kapal
industri, dengan perahuaksi yang dapat di tempuh dalam hitungan menit – bahkan
pada keadaan tinggi gelombang 3,5 meter. Dengan landasan helicopter membuat
kami bisa menambah mata penting di langit. Dan sangat penting untuk beroperasi
di tempat-tempat penangkapan ikan illegal dan pelabuhan kapal penghasil kayu
illegal.
Sebuah dasar untuk ilmu pengetahuan
Rainbow Warrior kedua ini dapat membawa peralatan hingga 8 ton.
Kapal ini dirancang sehingga para ilmuwan dapat bekerja dengan nyaman di kapal.
Dengan dukungan penelitian secara ilmiah kami mencoba membantu membangun
pemahaman tentang apa yang terjadi pada ekosistem planet kita.
Pusat komunikasi terapung
Sistem satellite komunikasi yang berada di kapal – dilengkapi
aliran langsung ke pusat satelit - Rainbow Warrior baru ini mampu
menampilkan video siaran langsung dari lokasi kejahatan lingkungan langsung ke
media di dunia.
Sebuah contoh gemilang membangun kapal ramah
lingkungan
Kami ingin Rainbow Warrior ketiga sebisa mungkin menjadi kapal
yang ramah lingkungan untuk ditingkat tipe kapal yg seperti ini dan Greenpeace
telah bekerja sama dengan beberapa insinyur yang sangat dahsyat untuk
mewujudkannya.
Kapal dengan layar utama di bawah tenaga angin. Tinggi tiang 55
meter dengan sistem tiang canggih yang dapat membawa berlayar lebih jauh
daripada tiang konvensional dengan ukuran yang sama. Ini adalah pertama kalinya
desain seperti ini dapat dipasang pada sebuah kapal dengan ukuran Rainbow
Warrior.
Warrior tidak memiliki mesin penggerak untuk membantu saat cuaca
buruk, tetapi dibangun dengan tenaga yang lebih ramah lingkungan.
Sebuah tempat sebesar 59 meter kubik berwarna abu-abu dan hitam
dapan menyimpan air,untuk mengurangi pembuangan secara langsung ke laut. Dan
kami membangun system biologi penyaringan untukair bersih dan mendaur ulang air
kotor.
Rainbow Warrior baru kapal dengan basis teknologi ramah lingkungan meliputi:
• Sebuah bentuk lambung yang dirancang khusus
untuk efisiensi energi yang unggul
• Sebuah bingkai-tiang dan layar - dioptimalkan untuk berlayar sangat efektif
• Sistem pengerak Listrik (10 knot hanya pada 300kW)
• Pengolahan limbah lingkungan lebih lama di dalam kapal
• Standart ramah lingkungan yang tinggi pada semua mesin (IMO Tier-II)
• Kapal dengan predikat hijau dan memiliki Paspor Hijau.
• Pengolahan lingkungan kapal secara sukarela.
• Pengolahan gas buang , meminimalkan emisi NOx dan Hal-hal Partikulat (PM).
• Pengolahan biologi untuk limbah dan air kotor.
• Pusat sistem dan ventilasi pengisian bahan bakar dan minyak untuk mencegah tumpahan.
• Menggunakan cat Ramah lingkungan.
• Sebuah bingkai-tiang dan layar - dioptimalkan untuk berlayar sangat efektif
• Sistem pengerak Listrik (10 knot hanya pada 300kW)
• Pengolahan limbah lingkungan lebih lama di dalam kapal
• Standart ramah lingkungan yang tinggi pada semua mesin (IMO Tier-II)
• Kapal dengan predikat hijau dan memiliki Paspor Hijau.
• Pengolahan lingkungan kapal secara sukarela.
• Pengolahan gas buang , meminimalkan emisi NOx dan Hal-hal Partikulat (PM).
• Pengolahan biologi untuk limbah dan air kotor.
• Pusat sistem dan ventilasi pengisian bahan bakar dan minyak untuk mencegah tumpahan.
• Menggunakan cat Ramah lingkungan.
Membangkitkan Para Satria
Rangka dari sebuah kapal ini adalah tantangan pertama untuk semua
orang yang terlibat di dalamnya. Para ahli tidak hanya membangun sebuah kapal
berteknologi tinggi, tetapi juga harus memenuhi standar ramah lingkungan yang
tertinggi.
Dibangun di galangan kapal di Gdansk, Polandia, mulai bekerja di
lambung pada musim panas 2010. 340-ton baja yang kemudian diangkut ke galangan
Fassmer dekat Bremen, Jerman, di mana kapal itu akhirnya keluar dengan lengkap.
Di sini, lambung yang asalnya berwarna coklat di berikan warna yg
indah – hijau warna untuk Greenpeace. Sebuah burung merpati perdamaian dan
warna pelangi yang mencolok akhirnya menjadikan kapal baru kami The
Rainbow Warrior.
Dia memasuki air untuk pertama kalinya pada bulan Juli 2011 dan
secara resmi diluncurkan di Hamburg, Jerman, pada bulan Oktober tahun yang
sama.
0 komentar:
Posting Komentar